rini vidi vici @ trash

Icon

all garbage on my desk… arggghhhhhh…

Melongok Service Center Hp Cina

Yang namanya service center tentu saja berfungsi utama untuk menerima perbaikan ponsel, sekaligus “bengkel” perbaikannya. Namun saat ini kelihatannya sebagian vendor menggabungkan service center dengan showroom-nya.

Kebanyakan service center hanya melayani perbaikan hardware, meski tak menutup kemungkinan memberikan layanan untuk software pula. “Software, seperti driver, biasanya sudah disediakan di website sehingga konsumen bisa mengaksesnya sendiri,” kata Untung BW, GM Marketing StarTech Mobile.

Waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan tentu saja bergantung kecil-besar kerusakan yang terjadi. Rusak ringan bisa jadi hanya butuh beberapa menit untuk memperbaikinya; namun rusak berat bisa menghabiskan waktu dalam hitungan hari, minggu, bahkan bulan. Rata-rata, vendor mematok waktu seminggu sampai sebulan untuk perbaikan.

“Kalau butuh ganti komponen, sementara di SC tak ada stok, sehingga harus tunggu kiriman komponen, waktu perbaikannya tentu saja akan lebih lama,” ujar Untung. Ini berlaku tak hanya pada service centre di luar Jakarta; yang di Jakarta pun ada kalanya harus menunggu kiriman komponen dari pabriknya di Cina. Karena itu konsumen pun diharapkan sabar menanti.

Kesabaran ini menjadi kunci utama, terutama bagi konsumen di daerah luar Jakarta. Sebab, sebagian vendor yang baru masuk ke bursa ponsel Cina cukup banyak yang menggunakan service point untuk melayani purna jual. Kebanyakan service point ini hanya bertindak sebagai penerima produk yang rusak. Kemudian akan meneruskannya ke service center terdekat; atau malah mengirimnya ke pusat (Jakarta). Yang penting, konsumen harus tetap rajin menghubungi sesuai waktu yang dijanjikan petugasnya.

Di pihak lain, vendor pun diharapkan terus bekerja keras meningkatkan kualitas layanannya. Misalnya, bila kerusakan ponsel tak bisa diperbaiki dalam waktu seminggu, maka vendor akan menggantinya dengan ponsel baru. “Tapi tentu tetap ada syarat kondisi tertentu,” kata Stephannus Wijaya, Manager Marketing & Support Promo Swaahoo.

Kartu garansi

Setiap produk elektronik pasti disertai kartu garansi. Demikian pula PoCin yang beredar di sini. Kartu tersebut berperan sebagai penanda bahwa konsumen membeli produk yang resmi. Sebaliknya, itu juga menjadi penanda bahwa produsen menjamin kualitas produk yang dijualnya. Makanya, pastikan ada kartu garansi di paket yang dibeli. Kemudian, isi data yang diminta dengan benar; biasanya kita juga diminta mengirim potongan kartu garansi ke vendor. Satu hal lagi, jangan lupa menyimpan bukti pembelian bersama kartu garansi.

Lalu apa gunanya kartu garansi ini? Ketika ke service center, kita dijamin mendapat layanan perbaikan – umumnya gratis bila ponsel masih dalam masa garansi. Tentunya dengan catatan, kerusakan itu memang dari pabrikan; bukan akibat kesalahan konsumen. Kebanyakan, yang dijamin adalah asesori yang termasuk dalam paket pembelian, serta komponen tertentu pada ponsel. “LCD dan stylus biasanya tidak termasuk dalam garansi,” kata Wirahadi K, Product Manager myG. Untuk pastinya, baca dengan cermat keterangan yang tercantum dalam kartu garansi. Jangan sungkan bertanya pada penjual, atau hubungi nomor service center yang tertera di kartu garansi, bila kita tak menemukan keterangan tersebut.

(box)

Banyaknya merek ponsel Cina (PoCin) -entah itu sepenuhnya (buatan) Cina, atau setengah Cina- yang membanjiri pasar Indonesia sebetulnya menunjukkan bahwa potensi pasar di Indonesia masih sangat besar. Hanya, citra “buatan Cina = murah dan mudah rusak” masih melekat di benak masyarakat. Dan, repotnya, memang tak sedikit vendor yang menunggangi tren hanya untuk mengeruk keuntungan sesaat. “Ini merugikan vendor lain yang memang serius menggarap pasar ponsel Cina,” kata Andi Tanudjaya, K-Touch Mobile.

Karenanya, bagi vendor, keberadaan service center menjadi salah satu bukti yang menunjukkan keseriusan mereka berjualan. Semakin mudah konsumen menemukan service centre produk vendor itu, dan semakin baik layanan yang diberikannya, sebetulnya makin jelas keseriusan vendor tersebut memberikan produk dan layanan purna jual bagi konsumen.

Filed under: My Notes

26 Responses

  1. berandalan desa says:

    ne pemberitahuan bwat konsumen HP cina merk Beyond. gw dah nyobain hape beyond B818, n berdasarkan pengalaman gw, tu hape punya penyakit :
    1. setting GPRS/MMSnya susahnya amit2….!!!
    2. service centernya seh ada, tp kagak nyantumin nomer telepon…. uda gitu cm ada di jakarta,kasian konsumen yg ada di luar ibukota…benar2 salah satu bentuk penipuan terhadap konsumen….!!!
    tp emg seh, gw akuin kualitas TV n audio B818 ne top abiz!!!
    moga ja, provider hape beyond memperhatikan pelayanan terhadap konsumen… masa’ service center ga punya telepon… ???

  2. Lucky World says:

    nih ,kukasih tahu buat yang mau beli hp tv , hp my-g 800 paling sip tvnya ,karna pakai sistem super tuner ,sangat kuat daya tangkapnya ,udah saya bandingkan ama punya teman yang hiteck dan ktouch . servis centernya sangat gampang di temukan ,kita pontianak saja gampang apalagi di jakarta .

  3. Zaki Achmad says:

    beyond 555 cepat rusak ic nya padahal baru beli. handphone china sulit untuk dipercaya. kalah sama produk2 nokia yang full services dan maintenance. mari boikot produk2 china!!!

  4. tedi suwandi says:

    ya sekarang gmn kitanya pingin hp fitur lengkap harga miring?ya pasti hp cina,klo uang ada ya beli yang udah pasti aja kwalitasnya?dan purna jualnya.ya sekarang bayak hp cina yang murah kwalitas jelek banget,tanya counter liat dummy(contoh hp) g ada eh pas kita udah beli baru kecewa baik signal jelek ato keypad luntur?apa bisa kita balikin lagi?makanya mesti teliti sebelum beli lah

  5. ari says:

    ada yang bisa or tau servis hp nokia n96 cina ga..tolong infonya ya ke email gw..”ariandy84@yahoo.com”..thanks

  6. jojo says:

    Mau tanya ada yg tau no telp servis centre swaahoo ???? Lagi butuh nihhhh

  7. jojo says:

    Ada yg tau no telp nya servis centre swaahoo ngak ???? Terserah di daerah mana…….
    Tolong yahhh bantuiinn cari ….

  8. irawan says:

    punya ku hp imo tv 9500,baru beli lgsung bosok alias bejat..piye iki???service senternya yg di ruko pengampon surabaya gak iso nyervisnya…ada gak dari temen2 indonesia ku yg kusayang punya kasus serupa denganku???dan kalau ada yg tau bengkel hp yg bisa benerin hp imo ku,hub ke no ini ya???081336312876..matur suwun friends..

  9. periawanto says:

    HP Nokia China N96, Type RM-245 saya rusak, dimana ada jual LCD HP N96 China ini? Tolong informasikan ke email saya. Thanks

  10. andy says:

    gymana sih cara ngeganti nada dering bwat sms jadi lagu2 kesukaan kita sendiri . . . ? ? ?

    kalau ada yg tau, please kirim ke e-mail saya ya, andy.green.life@gmail.com

    thanx all . . .

  11. GERY says:

    Kalo menurut gw sih hp cina imbang dgn uang yg kita bayar cuma nih kadang sebelnya kalo mo download program susahnya sejuta mampus!!! y gak sih?

  12. CJ says:

    mau tanya..tempat service na d daerah jakarta ad ga??klo ad blh tau alamat atau no tlp nya..??

  13. prie says:

    saya sangat puas pake MITO828 sudah setahun saya pake,belum pernah rewel.padahal sdh berapa kali terbanting.

  14. ashari says:

    dimana ya beli casing hp My-G 660,
    casing w dah jelek bnget,,

  15. reza says:

    tombol2 banyak yg gak berfungsi

  16. ilham says:

    bisa g sich nokia n96q yg sofware china pakai sofware n96 asli ??,klu bs brp yah kr2 ongkosx ?klu ada info tlg hubungi no 081317003247

  17. asusolo says:

    gw nyesel bgt beli pocin jenis beyond b8900 seminggu rusak. Udah 3 bulan blm keluar dr service di solo. Tai.

  18. firman says:

    ada yg tau service centre nya beyond0 yg ada disolo gak…..?

  19. Hans kaito says:

    wah ternyata bukan cuma saya yang mengalami hal kerusakan hp cina, hp saya Beyond B 83 baru beli 3 hari trak pad langsung rusak. sudah tak bawa ke service center semarang di Jalan Gajah. masuk 3 Agustus 2010. dijanjikan 2 minggu jadi kalo dikirim ke pusat. tapi apa buktinya sampai sekarang, sampai saya menulis ini hp saya belum ada pemberitahuan……dimohon untuk pelayanan konsumen harap diperhatikan…..

    • tomy says:

      sama,
      gw jg, baru beli sekitar 1 bln trk-pad sm handsfree & batree-nya bosox.
      gw bawa ke roxy dong tmpt dmn aku beli(cs).
      eeh.. gag ditrima, katanya udh cacad fisiknya.
      ngesel_in!!

      gw banting tu hp di dpn mreka, lalu gw tinggalin gt aja.

      gag penting mlihara hp ky gtu!!@!!!!!!!

  20. Ad'hadi says:

    sama nih. beli hape beyond B 8900 (mirip BB 8900) buat anak. sayang anak.. trus kacanya retak (diduduki atau giman gitu) LCD masih bagus semua masih bagus. tanya ke toko tempat beli katanya cukup ganti kaca tapi harus nunggu. kemren tanya lagi kata toko barang di jakarta belum ada, sudah dipesan tapi belum datang. pesan dimana ya??? kok vendor ga ada stok komponen sih??? aneh. masih setia menunggu…

  21. Gunadih says:

    Tolong CS Hp cina di Perbanyak. supaya gampang klo ada kerusakan. Hp beyond B83 aq Baru beli 3 minggu udah rusak Trakpad’a & sering mati sndri, Please pelayanan’a terhadap Hp cina

  22. panji says:

    Mau tanya dong klo service centrenya my g dmn yahhh.?

  23. baton says:

    iya kalau servis hp cina tuk sperpatnya kalau belum ada harus nunggu dari cina sana, makannya kadang kadang bisa sebulan, bahkan lebih. tp kalau ada bisanya langsung ditangani kalau tidak antri, atau nunggu, eee tapi enak juga kalau sudah diservis masih dapat garansi bahkan bisa bisa 6 bulan lebih, bukan cuma kerusakn yg diperbaiki tp untuk kerusakan yang lain juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Stats Blog

  • 41,512 hits

Archives

%d bloggers like this: