rini vidi vici @ trash

Icon

all garbage on my desk… arggghhhhhh…

PDAphone vs Smartphone: Mana yg lebih oke?

Lagu lama, euy😀

Sebetulnya agak susah sih.

PDAphone nyaris identik dengan bodi gede, sementara smartphone imut2. Tapi ini gak bisa lagi jadi patokan, sebab makin lama PDAphone makin kecil, sementara -entah kenapa- smartphone cenderung makin bongsor.

Karena berawal dari PDA, PDAphone akrab dengan Windows Mobile (Pocket PC edition) atau Palm. Sedangkan smartphone, yang berawal dari ponsel, lebih variatif sistemnya: proprietary, Symbian, Linux, maupun Windows Mobile (Smartphone edition).

So, ketimbang perang bentuk, rasanya lebih tepat dibilang perang sistem operasi.

Balik lagi… mana yg lebih oke?

PDA(phone) berbasis Windows Mobile terkenal boros batere. Berdasar pengalaman, pada pemakaian minimal pun – SMS-an doank – paling banter hanya tahan sehari. Mangkanya kalo tingkat pemakaian lagi tinggi, ke mana2 ga boleh lupa bawa charger.😦
Good news nya, WM 5 udah lebih baik pengaturan power nya dibanding WM 2003. Tapi overall tetep aja buorosss… :(( Blom tau nih gimana yg WM 6…

Palm OS bagusan dikit dibanding WM. Dengan skala pemakaian sama, umur baterenya lebih panjang.

Gimana dengan persilangan hardware Palm dan software Windows Mobile macam di beberapa seri Palm Treo? mmm… ya di tengah2.😀 sedikit lebih baik dibanding WM murni, tapi lebih payah dibanding PalmOS murni.

Smartphone Symbian, dengan pemakaian sama, bertahan lebih lama: nyampe 2 hari. Yg WM 5 Smartphone edition juga lumayan bertahan 1,5 hari. Tapi kok belakangan ini smartphone2 tipe baru rasanya makin boros batere yak?

Soal sinkronisasi. Kalo butuh sinkronisasi data dengan PC (berbasis Windows), misalnya data kontak dan e-mail di Outlook atau file-file Office, mending pake peranti yg berbasis Windows Mobile. Namanya sodaraan, ya pasti lebih baguslah kompatibilitasnya.

Tapi kalo gak butuh yg begitu, mo pake Palm, Symbian atau Linux mah aman-aman ajahhh…

Btw, katanya Palm punya kompatibilitas yg oke dengan Mac. tp berhubung gw gak punya Mac, ya gw cuman bisa percaya aja.😀

Filed under: My Notes

3 Responses

  1. Fatbee says:

    Gw jg lg bingung neh.. Mo pake pda or smartphone.. :)>-

  2. rinividivici says:

    kalo gw, seleksi pertamanya ya fasilitas yg ndukung kerja gw, baru cari yg harganya paling murah diantara kandidat yg gw incer :p

  3. UVy says:

    klo menurut gw….,kykny mendingn lo pilih PDA phone,!!pa lg yg br2ni!ya bisa produk ny O2!!gw pke dr gw SMA!!lo cba ja.pa lg yg dah WM.6!!!!klo smartphone fiturnya msh krng nggigit!!!!klo kudu da INTERTAINMENT tu bisa beli terpisah!!kmera,handy cam, iPod,dll!!!!mga saran gw msuk ke hti lo!!!

Leave a Reply

Stats Blog

  • 41,512 hits

Archives

