rini vidi vici @ trash

Icon

all garbage on my desk… arggghhhhhh…

Bicara -dan Tatap Muka- via IM

Instant messenger dikenal sebagai aplikasi chatting – komunikasi dengan kata dan simbol ekspresi. Namun banyak di antara aplikasi tersebut kini juga dapat digunakan untuk komunikasi suara, bahkan gambar. Agar dapat melakukan voice call, kita butuh earphone dan microphone. Jika ada webcam, kita dapat pula melakukan video call. Perangkat-perangkat tersebut dapat diperoleh dalam beragam harga, bergantung banyaknya kemampuan yang dibenamkan pembuatnya di perangkat tersebut.

Yang juga penting, kita harus memiliki komputer yang terkoneksi ke internet. Kondisi koneksi internet berpengaruh besar pada kualitas percakapan (maupun streaming video) yang dilakukan; semakin besar bandwidth yang dimiliki, semakin baik kualitas suara (dan gambar) yang dinikmati.

Contohnya, jika hanya melakukan voice call, koneksi internet via dial-up sudah memadai; meski mungkin ada sedikit delay suara. Namun bila melakukan video call menggunakan koneksi internet via dial-up, boleh jadi kita akan “menangis darah” menunggui delay gambar yang terjadi.

Berikutnya, tentu saja harus ada aplikasi untuk melakukan komunikasi suara (dan gambar) tersebut. Empat instant messenger di blog ini kupilih karena komunitas pengguna surat gratisnya tergolong besar.

Filed under: Nginternet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Stats Blog

  • 41,494 hits

Archives

%d bloggers like this: