rini vidi vici @ trash

Icon

all garbage on my desk… arggghhhhhh…

Motorola MING

Nama MING diambil dari gabungan huruf bahasa Cina untuk matahari dan bulan yang bermakna cemerlang, terbuka, bebas; yang menurut Motorola menggambarkan karakter PDAphone tersebut.

Motorola Ming, aslinya bernama Motorola A1200, sebetulnya ditujukan untuk para profesional bermobilitas tinggi tanpa memandang gender. Namun, menurut kami, cover transparannya malah membuat ponsel terkesan feminin; alih-alih futuristik yang dihembuskan Motorola. Pada dasarnya, transparansi tersebut untuk mempermudah pengguna melihat reminder yang ada di Home tanpa membuka cover. Sayang, cover ini juga mudah tergores sehingga akan meninggalkan bekas yang mengurangi kecantikannya.

Yang menggoda di Motorola MING adalah fasilitas Business Card Reader. Pemakai ponsel tinggal mengaktifkan kamera, geser opsi lensa ke Macro (jika belum), lalu arahkan lensa kamera sedemikian rupa sehingga data kartu nama berada tepat dalam bidang tangkap. Aplikasi akan otomatis memasukkan datanya ke kolom yang terdapat di business card Contacts; data yang dikehendaki dapat ditentukan sebelumnya. Selanjutnya, pengguna tinggal memeriksa kecocokan data, memperbaiki bila perlu, lalu menyimpannya dengan mengetuk Save.

Pada pengambilan gambar biasa, kamera dilengkapi setting Light (Normal, Direct Sun, Incandescent, Fluorescent), Style (Off, Black/White, Sepia, Solarize, Neg. Art), dan Mode (Normal, Night). Foto dapat diambil dalam ukuran L (1200×1600), M (768×1024), atau S (480×640), dengan kualitas High, Mid, atau Low; sedangkan video dapat diambil dalam ukuran L (176×144) atau S (128×96) dengan kualitas High, Mid, atau Low. File dapat diatur agar otomatis disimpan ke folder yang ditentukan, entah itu dalam memori internal atau kartu memori tambahan. Tombol navigasi berperan sebagai pengatur Brightness (kiri/kanan) dan Zoom (atas/bawah). Foto dapat diolah kembali dengan Photo Editor, sementara video dapat dimainkan dengan Real Player.

Walau ditujukan untuk pekerja mobile, aplikasi kerja yang tersedia tidak sebanyak yang semula kami bayangkan. Motorola menyediakan Picsel Viewer untuk membaca Word, Excel, Powerpoint dan PDF. Sementara untuk membuat dokumen, Motorola hanya menyediakan Notes. Namun dengan sistem operasi Linux, terbuka kemungkinan instalasi aplikasi office suite pihak ketiga.

Motorola MING juga dapat dijadikan penyimpan data. Ketika ponsel dihubungkan ke PC melalui kabel data USB mini, akan muncul pemberitahuan perpindahan modus ke USB mass storage. Dalam kondisi tersebut, fungsi telepon dinon-aktifkan.

Namun bila modus USB diubah menjadi modem, fungsi telepon akan kembali aktif. Selain via USB, modem juga dapat difungsikan via Bluetooth. Setting GPRS semua operator sudah dibenamkan dalam Motorola MING, namun harus diaktifkan secara manual. Akan lebih menarik bila sistem operasinya dapat langsung mengenali kartu SIM yang digunakan dan otomatis mengaktifkan setting yang sesuai.

Jelajah dunia cyber dapat dilakukan dari browser Opera. Yang menarik, Motorola memberi search engine Google untuk pencarian. Motorola MING tentu saja dapat digunakan untuk berkirim SMS, MMS maupun e-mail. Ada Calendar, Task, Time, Calculate, Alarm untuk tambahan alat bantu kerja.

Radio FM, seperti biasa, baru aktif bila headphone terpasang. Motorola menyiapkan banyak saluran kosong untuk menyimpan setting frekuensi stasiun radio favorit. Sayang, pengguna tidak dapat merekam siaran yang didengar. Recorder yang disediakan Motorola hanya untuk merekam suara alami.

Batere dilengkapi Battery meter yang menunjukkan persentase daya batere; juga fasilitas Batere Save dan Auto Power-Off untuk menghemat daya batere. Batere juga otomatis diisi ulang ketika ponsel terkoneksi ke PC melalui kabel data.

Spesifikasi:
Sistem operasi: Linux
Prosesor: ?
Jaringan: GSM 850/900/1800/1900 MHz
Memori (internal): 8MB
Slot ekspansi: microSD
Konektivitas :
ke perangkat lain: kabel USB mini, Bluetooth
ke Internet: GPRS
Batere:
Waktu pengisian: rata-rata 3.5 jam
Waktu siaga: rata-rata 72 jam
Waktu bicara: rata-rata 5 jam
Layar: 2.4 inci LCD 240×320 TFT, 262 ribu warna
Dimensi: 9.6×5.2×2.1 cm
Bobot: 122g (batere terpasang)
Kelengkapan paket: Charger
Garansi:
Kisaran harga: Rp.
(Diperoleh dari Motorola Mobile Devices Indonesia pada minggu keempat bulan Juli 2006)
Situs web: www.hellomoto.com/id

Filed under: Smartphone

One Response

  1. Carolle says:

    Bos… aku kok gbs konek GPRS yak…? set manualnya gmn to? kl buat browsing ato googling hasilnya network error. Napa yah? Aku dah ke indosat dua kale, tetep gbs. musti diapain neh… Sayang bgt kl ponset se smart ini ga diexplore bnyk… ya ga? Bls via email juga OK. Tnx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Stats Blog

  • 41,489 hits

Archives

%d bloggers like this: